Koordinasi dan Pembinaan Siskamling di Kecamatan Se-Kota Pontianak

Peran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) sangat penting di tengah masyarakat.

Demi terselenggaranya ketentraman dan ketertiban umum kesiapsiagaan harus lebih di tingkatkan , pemerintah bersama masyarakat harus bekerjasama dan gotong royong mewujudkannya.

Dinamika sosial, politik, dan ekonomi yang terjadi sangat berpengaruh dan berpotensi terhadap gangguan keamanan dan ketertiban umum di Wilayah Kota Pontianak, terlebih tahun ini bertepatan dengan Pemilukada Provinsi dan Kabupaten Kota. Pontianak sebagai Ibu Kota provinsi akan terdampak langsung oleh hal tersebut.

Keterlibatan Sat.Pol.PP dan Sat.Linmas, memastikan keamanan dan ketertiban umum masyarakat tetap terjaga, namun masyarakat sendirilah yang mengalami langsung adanya gangguan atau ancaman di sekitarnya.

Oleh karena itu berdasarkan Peraturan Walikota Pontianak Nomor 24 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Sistem Keamanan Lingkungan Masyarakat di Kota Pontianak, Sat.Pol.PP Kota Pontianak melakukan kegiatan Koordinasi dan Pembinaan ini, guna menyadarkan masyarakat dan melakukan deteksi dini terhadap ancaman dan gangguan keamanan. Sehingga potensi adanya gangguan dan ancaman dapat terlebih dulu di antisipasi , dengan demikian masyarakat Kota Pontianak tetap merasa terlindungi dan dapat melakukan aktivitasnya dengan aman dan nyaman .